Pentingnya Wirausaha di Sekolah Vokasi Pada SMK Strada Jakarta

Membangun budaya wirausaha disekolah vokasi kejuruan sangatlah penting,  karena dengan banyaknya orang muda yang berkecimpung didunia wirausaha akan sangat berpengaruh pada kemajuan perekonomian kehidupan berbangsa dan bernegara. Wirausaha pada sekolah vokasi menjadi embrio untuk tumbuh kuatnya perekonomian  suatu negara. Amerika, Jepang, Korea, malaysia, membuktikan mereka mempunyai banyak wirausaha muda, dan  menjadi negara maju karena didalam ada  banyak wirausaha muda.  Satu ciri dari negara maju adalah banyak wirausaha dalam negaranya .

SMK Strada Jakarta  kompetensi keahlian wirausaha menjadi perhatian yang  sangat serius oleh lembaga dan yayasan, dalam membangun jiwa wirausaha yang handal  di SMK Strada Jakarta, agar mandiri, kompetitif dan siap berwirausaha setelah menyelesaikan studi di SMK Strada Jakarta. Keseriusan lembaga dan yayasan terlihat dengan mendatangkan konsultan yang profesional dalam bidang sumber daya manusia dan wirausaha untuk melatih dan membimbing guru-guru serta  siswa SMK Strada Jakarta menjadi kompeten dan handal di bidang sumber daya manusia dan wirausaha.

Kompetensi keahlian di SMK Strada Jakarta sangat menunjang siswa, setelah tamat siswa mempunyai kompetensi yang cukup handal untuk memulai wirausaha karena sudah dibekali dengan kompetensi keahlian  dan teori yang sangat cukup untuk memulai suatu usaha atau bisnis.

Kompetensi keahlian  Teknik Informatika Pemrograman, siswa  bisa menjadi tenaga programer dan pemodelan perangkat lunak atau membuat aplikasi untuk kebutuhan dalam dunia usaha dan industri.

Kompetensi keahlian Teknik Mekatronika, siswa  harus menyelesaikan studinya selama empat  tahun, karena satu tahun atau tahun ke empat siswa  harus magang di dunia usaha atau industri. Kompetensi keahlian  Mekatronika ini sangat sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri pada masa yang akan datang. Siswa dapat merancang, mengoperasikan dan memelihara mesin yang dikendalikan secara elekronik berbasis sentra elekronik yang di program menggunakan bantuan PLC ( programmable logic controller ) dan program komputer, mengoperasikan dan merawat mesin  industri berbasis elektro pneumatic, hydrolic, robotic, dan  menguasai pemasangan serta perbaikan intalasi penerangan.

Kompetensi keahlian Teknik Pemesinan, siswa dapat mengoperasikan mesin perkakas konvensional dan  CNC ( computer numerical control ), pengelasan, fabrikasi logam, membaca menggambar manual   dan menggunakan CAD ( computer assisted drawing ).

Kompetensi Keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, siswa dapat menganalisa kerusakan dan melakukan perbaikan ( bongkar pasang ) sepeda motor sesuai prosedur yang ditetapkan,  menguasai  service ringan kendaraan roda dua.

Dari empat kompetensi keahlian diatas semua dibekali dengan kompetensi keahlian wirausaha yang sesuai dengan  komptensi keahlian masing-masingnya.

Indonesia masih sedikit sekali orang muda yang berkecimpung di dunia usaha atau wirausaha, ini peluang yang sangat besar apabila orang muda Indonesia khususnya tamatan  SMK vokasi yang sudah dibekali dengan kompetensi keahlian dan teori  yang cukup untuk membuka  bisnis atau wirausaha.

Silakan bergabung dengan sekolah vokasi SMK Strada Jakarta,  yang komptensi keahlian  sesuai dengan minat dan bakat. Negara menjadi  maju cirinya adalah  banyak orang mudah yang  terlibat dalam dunia wirausaha. 

Benyamin Stanis Gego

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.